Kamis, September 04, 2008

Puasa dan menyusui

Bulan Ramadhan tiba,sebagai seorang muslim saya tentu menyambut dengan gembira,apalagi Ramadhan tahun lalu gak bisa ngerasain puasa karena melahirkan.
Tahun ini saya mencoba berpuasa sambil menyusui.Seperti kutipan dari Dr.Etiza Adi Murbawani,M.Si yang saya ambil dari sini,secara klinis kegiatan puasa hanya mengubah jadwal makan.Yang berubah hanya waktu makannya saja.Sementara asupan makanan yang dikonsumsi ibu menyusui selama berpuasa bisa dibuat sama dengan saat tidak berpuasa,yaitu gizi seimbang dengan komposisi 50% karbohidrat,30% protein,dan 10-20% lemak.
Alhamdulillah selama 4 hari puasa bisa saya lalui,dan ternyata tidak mudah,karena Farrel masih kuat nyusu dan belum minum sufor.Hari pertama sempat pusing dan lemes banget.Tapi saya berpikiran positif dan yakin aja,selama Asi masih sering diisap oleh bayi maka Asi akan keluar,meskipun berpuasa.
Dari pengalaman selama 4 hari,saya berharap bisa menyelesaikan puasa dengan lengkap,Insya Allah.Tapi saya juga gak ngoyo atau maksain harus berpuasa,jika kondisi tidak memungkinkan.Buat ibu2 lain yang berpuasa dan menyusui,tetap semangat ya bu!
Oya dapet tag dari mommy Farah nih,skalian dimasukin ke posting ini aja ya mom..thanks!

4 komentar:

ke2nai mengatakan...

hebat nih biarpun menyusui bisa tetep puasa. Sy wkt Nai & Keke msh menyusui gak puasa sama sekali. Tp taun kmrn mulai puasa, walopun msh menyusui. Emang sie umur nai udh 1 th-an tp menyusuinya msh kuat, ASInya jg msh byk. Itu aja udh lemes, apalgi wkt dl msh ASIX trus puasa y. Makanya salut deh mom :)

Novy Chrystiana mengatakan...

Des,boleh2 aja sih puasa. Apalgi puasa hukumnya wajib kan? Tapi kita sebagai Ibu punya tugas yang ga kalah mulia,memberikan ASI-makanan terbaik untuk anak kita. Allah menjanjikan pahala tersendiri untuk tugas mulia tsb.

Aku yakin dengan puasa,produksi ASI pasti akan berkurang! Kasihan deh anak kita. Apalagi jelas,ibu menyusui diberi keringanan untuk tidak puasa,asal membayar Fidyah.

Kalo diberi keringanan,knp harus dibuat sulit?

tahun lalu aku ga puasa,krn Hasna masih full menyusui. sekarang aku hanya menyusui kalo malam hari. maka aku memilih unt puasa.Seandainya aku masih menyusui full,aku akan mendahulukan kewajibanku pd anakku. InsyaAllah Des, Allah maha pemurah dan maha Mengetahui....

ary mengatakan...

syukur deh kalo kuat sambil nyusuin Des. salut deh. Kalo aku gak kuat Des, dah dicoba taun lalu, jam 10 itu rasanya dah mo pingsan, karena waktu sahur itu aku emang gak pernah bisa makan, minumpun bisanya cuman sedikit. Bisa muntah kalo dipaksa.
Sehat terus ya Des ..

Reni Dwi Astuti mengatakan...

subhanallah...terus semangat ya mbak...semoga bisa menyelesaikan puasanya dg baik...sebuah perjuangan yg hanya layak dikaruniai surga...Insyaallah...semoga farrel tetap sehat ya...

 

Made by Lena